Tim Pemrakarsa Gelar Pertemuan Perdana Dengan Para Tokoh di Aitinyo

Sorong, PbP – Sebanyak empat orang tim pemrakarsa terkait rencana pelaksanaan kegiatan musyawarah adat sub suku Aitinyo, menggelar pertemuan perdana bersama 5 tokoh dan 17 kepala kampung se-Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Rabu (27/03/2024).

Turut hadir dalam pertemuan perdana itu yakni 10 kepala kampung dan beberapa pemuda serta tokoh agama Zet Orain, tokoh masyarakat Andarias Atkana, intelektual Aitinyo yang juga selalu pemrakarsa Sem Kambuaya.

Pertemuan para tokoh di Aitinyo dalam rangka agenda musyawarah adat sub suku Aitinyo, untuk persiapan Pilkada Maybrat. FOTO:JOY
Pertemuan para tokoh di Aitinyo dalam rangka agenda musyawarah adat sub suku Aitinyo, untuk persiapan Pilkada Maybrat. FOTO:JOY

Adapun agenda dalam pertmuan tersebut guba membahas membahas rencana pelaksanaan musyawarah adat sub suku Aitinyo, dalam rangka menentukan siapa figur terbaik calon bupati Kabupaten Maybrat periode 2024-2029 utusan masyarakat adat di wilayah Aitinyo Raya.

Kepala Sistrik Aitinyo yang diwakili kepala kampung Siraya dalam arahannya mengatakan, pemerintah distrik,17 kepala kampung dan 5 tokoh masyarakat distrik Aitinyo merespon dengan baik dan mendukung rencana kegiatan musyawarah adat sub suku Aitinyo yg akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan nanti.

Ia menjelaskan, masyarakat di wilayah ini telah melaksanakan tahapan pemilihan MRP Papua Barat, kemudian pemilihan legislatif yang kesemuanya telah berjalan dengan baik dan sukses, meski diwarnai dengan dinamika suhu politik yang cukup tinggi.

“Sekarang kita masyarakat Aitinyo siap untuk menghadapi Pilkada gubernur dan bupati/walikota serentak di seluruh Indonesia termasuk kita di kabupaten Maybrat,” ungkapnya.

Ia menekankan, untuk menentukan siapa figur terbaik untuk menjadi calon bupati Kabupaten Maybrat dari wilayah distrik Aitinyo Raya, maka sangat penting untuk masyarakat adat sub suku Aitinyo duduk dalam sebuah forum resmi guna mengakomodir aspirasi masyarakat Aitinyo, untuk menentukan siapa yang akan menjadi perwakilan mereka dalam kontestasi Pilkada kali ini.

“Sebagaimana yang diamanatkan dalam UU otonomi khusus bagi Papua, bahwa perlu dilakukan proteksi terhadap hak politik OAP, termasuk hak politik putra putri Aitinyo yang memiliki pontensi dan memenuhi syarat sesuai penilaian masyarakat adat untuk maju sebagai calon bupati kabupaten Maybrat 5 tahun mendatang,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat di Distrik Aitinyo, untuk melepaskan segala perbedaan dan ego pribadi serta tetap menjalin persatuan, merapatkan barisan guna mendukung kegiatan musyawarah adat yang telah digagas oleh tim pemrakarsa tersebut, dengan harapan menuju kejayaan Aitinyo kedepan.

Sementara, Sem Kambuaya selaku salah satu Tim pemrakarsa yang memandu rapat perdana ini menyampaikan dasar pemikiran, tujuan dan tahapan rencana kegiatan musyawarah adat sub suku Aitinyo.

Mulai dari tahapan konsolidasi awal, tahapan rapat perdana, rapat bertingkat dengan 25 tokoh dan 5 kepala distrik se-wilayah Aitinyo Raya yang akan dilaksanakan di distrik Aitinyo Utara setelah perayaan paskah.

Kemudian ada rapat masing-masing di 5 distrik wilayah Aitinyo Raya, tahapan pra musyawarah oleh 25 tokoh untuk membahas dan menggodok figur calob bupati yang nantinya dipinang oleh masyarakat adat sub suku Aitinyo untuk di ditepakan dalam puncak acara musyawarah adat untuk pengambilan keputusan figur terbaik calon bupati kabupaten maybrat periode 2024-2029.

“Semua tahapan ini dilakukan agar keinginan dan harapan masyarakat wilayah Aitinyo Raya dikawal secara kolektif melalui forum resmi supaya pada saat figur tersebut resmi ditetapkan oleh KPU Maybrat maka komitmen politik dan garis komando pendukungnya tetap solid untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkada Maybrat,” jelas Sem.

Adapun hasil dari pertemuan tersebut seluruh peserta yang hadir, bersepakat untuk mendukung dan siap menyukseskan acara musyawarah adat sub suku Aitinyo dalam rangka mencari dan menetapkan serta mengusung figur terbaik perwakilan masyarakat adat Aitinyo untuk maju sebagai Calon Bupati Maybrat yang akan bertarung pada Pilkada kali ini. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *