Wagub NTT Puji Kebersihan Laut Raja Ampat

Sorong, PbP – Alam Raja Ampat memang sudah dikenal seantero dunia, sebagai salah satu destinasi wisata yang menyimpan beragam keindahan. Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga menyimpan banyak hal menarik, diatas permukaan lautannya.
Banyak sekali pantai-pantai yang indah tersebar di kepulauan “Para Raja” dengan pasir putih yang menyajikan panorama eksotis. Tak hanya itu, kebersihan lautnya juga menjadi daya tarik tersendiri, yang membuat para wisatawan terasa enggan berkedip saat melihatnya.
Memang tidak cukup kata untuk melukiskan kekayaan dan keindahan alam serta budaya di wilayah kabupaten yang berada tepat di bagian Barat Laut Pulau Papua ini. Satu yang pasti keindahan dan keramahan Raja Ampat mampu menghipnotis siapa saja yang datang kesana.
Tak terkecuali bagi Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Josef Nae Soi, MM yang mengaku sangat kagum dengan keindahan laut Raja Ampat. Hal ini diutarakan Josef kepada awak media saat dijumpai di kediaman Ketua IKF Kota Sorong Marthinus Lende Mere, disela-sela kegiatan audiens bersama warga NTT Kabupaten dan Kota Sorong, Senin (1/11) malam.
Josef yang mengaku baru saja pulang dari Raja Ampat bersama rombongannya, mengaku sangat terkesan dengan keindahan alam Raja Ampat. Terkhusus ia memuji kebersihan lautnya yang begitu terjaga, sehingga menjadikan Raja Ampat begitu atraktif.
“Raja Ampat sangat luar biasa, atraktifnya sangat luar biasa, kebersihan lautnya sangat luar biasa, itu dapat saya sampaikan tentang Raja Ampat,” ujar Josef.
Ia menerangkan, meski kedatangannya ke Raja Ampat hanya sekedar mengisi waktu kosong dan bukan merupakan agenda resmi dengan pemerintah daerah setempat, namun dirinya bisa mengambil hikmah dari apa yang dilihat dan dirasakannya di Kabupaten Bahari tersebut.
Salah satu hal yang patut menjadi contoh, kata orang nomor dua di Provinsi NTT itu adalah kebiasaan atau budaya masyarakat menjaga kebersihan lautnya. Hal inilah yang membuat laut Raja Ampat menjadi begitu indah.
“Saya suka air laut Raja Ampat begitu jernih, tidak ada sampah dimana-mana. Ini yang nanti saya mau ambil contoh agar bisa diterapkan di NTT khususnya di Labuan Bajo,” tutup Josef Nae Soi.
Sebagaimana diketahui Raja Ampat merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Papua Barat yang letaknya tepat di bagian Barat Laut Pulau Papua. Secara umum Raja Ampat memiliki pulau karang dan tersebar luas di wilayahnya. Namun demikian, Raja Ampat memiliki empat pulau utama yang paling besar yakni Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Pulau Misool.
Wilayah perairan menjadi daya tarik andalan Raja Ampat, mengingat perairan Raja Ampat salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia. Hal ini berdasarkan hasil penelitian tentang kekayaan flora dan fauna serta kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat.
Sebuah laporan badan konservasi internasional menyebutkan bahwa perairan Raja Ampat memiliki sekitar 75 persen spesies laut seluruh dunia, mejadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Selain laut, raja ampat juga menyimpan keindahan lain seperti hutan-hutan tropis yang menyebar luas di wilayah tersebut, juga antarksi budaya yang menjadi ciri khas di wilayah tersebut. Tak heran Raja Ampat sering dijuluki “surga” bagi para wisatawan. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *