Warga Sorong Kepulauan Rasakan Manfaat Air Tawar Dari Laut

Sorong, PbP – Guna memenuhi kebutuhan air bersih di  Distrik Sorong Kepulauan, atau yang biasa disebut Pulau Doom, pemerintah setempat membuat inovasi merubah air laut menjadi air tawar, melalui proses membrane.

Kepala Distrik Sorong Kepulauan, Steven Asmuruf, S.Sos, saat ditemui di Kantor Wali Kota Sorong, Senin (24/6) menjelaskan, proses membran merupakan bentuk perhatian dari pemeriintah pusat, dengan pembiayaannya menggunakan APBN dan dikerjakan oleh satuan kerja Provinsi Papua Barat.

Cara kerjanya, sambung Asmuruf, air garam akan melalui proses penyulingan yang diatur dengan baik, sehingga menjadi air tawar.

“Proses ini dinamakan dengan membran, yakni air laut yang diambil akan disuling sedemikian rupa, untuk bisa memisahkan garam menjadi air tawar. Selama ini sudah berhasil dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitaran Pulau Doom,”terangnya.

Sebelum adanya membran ini, dijelaskan Asmuruf, masyarakat memang memanfaatkan air bersih dari sumur namun terbatas. Sehingga kata dia, untuk menunjang kebutuhan air bersih di sana, pemerintah menghadirkan membran agar bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Dengan kehadiran membran ini, kebutuhan air bersih masyarakat di sana lebih terbantu dan tak kesusahan soal air tawar,”tuntasnya. [JEF-HM]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *