Yan Piet Moso Pulang Kampung, Kompleks UKA di Banjiri Air Mata

yan piet moso saat menyapa warga kompleks UKA tempat iya di besarkan. 

Warga Kompleks UKA Kelurahan Cendrawasih Jalan Pulo Kasim, Distrik Sorong Barat Kota Sorong. Berderai air mata saat putra terbaik Kompleks UKA yang saat ini di percayakan Pemerintah pusat menjabat sebagai Pejabat Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Moso,S.Sos., MM bersama dengan istrinya, Ny Anie Moso pulang kampung, Jumat (28-10/2022).
Bertemu dengan teman Persebaya adalah suatu hal yang sangat menggugah hati, di mana kisah-kisah masa kecil, segala keceriaan kenakalan bisa teringat kembali. Dalam kunjungannya, Yan Piet Moso bersama istri tercinta di kompleks UKA menyempatkan diri singgah ke rumah almarhum orang tuanya yang kini ditempati keluarganya.

berlinang air mata, Yan Piet Moso di dampingi istri tercinta menceritakan kisah hidupnya di kompleks UKA. 

Di tengah kerumunan warga didampingi sang istri tercinta berlinang air mata, Moso menceritakan pernah menjadi kondektur, buruh akut di pelabuhan, menjual kantong plastik dipasar dan menjaga lapangan tenis di dekat lapangan hoki. Dirinya keluar dari kompleks tersebut pada tahun 1994 untuk menempuh pendidikan di Japura hingga saat ini berhasil menjadi seorang pemimpin di Kabupaten Sorong yakni tanah Malamoi.“ saat ini didadaku sudah ada lambang burung Garuda di mana Saya sudah jadi pemimpin di tanah malam yakni Kabupaten Sorong tetapi kedua orang tuaku dan saudara-saudaraku sudah tidak ada lagi yang bisa melihat keberhasilanku. Suatu kebanggaan bagi saya bisa berhasil menjadi seorang pemimpin Meskipun aku dibesarkan di kompleks yang cukup rawan kriminalitas pada masa itu,” ujarnya sambil terisak isak.

kedatangan Yan Piet Moso disambut warga penuh sukacita. 

Keberhasilan dapat diraih bukan karena kondisi tempat tinggal yang terpencil dan rawan, tetapi keberhasilan itu bisa kita raih karena diri kita sendiri semangat kerja keras disertai dengan kemauan yang tinggi untuk maju. Oleh karena itu, generasi muda yang ada di Kompleks ini agar tetap semangat menempuh pendidikan, jangan terpengaruh pada lingkungan serta bulatkan tekad bahwa keberhasilan itu adalah ditanganmu.
Kedatangan Pj Bupati itu di kompleks UKA ia dibesarkan, menginspirasi banyak anak muda mulai dari kalangan SD hingga dewasa. Sebagaimana yang diungkapkan, Yolandia Yarolo siswa KLS 5 SD ini menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat agar bisa kelak bisa mengikuti jejek Pj Bupati Sorong, Yan Piet Moso menjadi seorang pemimpin, berprestasi dan berguna bagi masyarakat. “saya bangga melihat bapak walau sudah menjadi orang besar tapi tetap ingat pulang kampung dan selalu menolong orang, mudah-mudahan saya bisa seperti bapak,” ujarnya.
Sementara itu, Linda Morinto teman semasa remaja Pj Bupati mengatakan, Moso merupakan anak pintar, mandiri dan sejak remaja jiwa kepemimpinannya sudah terlihat banyak memberi masukan dan motivasi kepada teman untuk belajar dan kerja keras. “ Bapak merupakan contoh bagi kami, karena dia sejak remaja sudah mandiri mencari uang untuk biaya sekolah, “ kata guru honor itu.
Yan Piet Moso di percayakan Negara sebagai Pj Bupati Sorong. Berdasarkan sura keputusan Mendagri nomor:131-92-5119 tangal 19 Agustus 2022. Setelah menapaki tiga bulan PJ Bupati Sorong. Berbagai program prioritas telah digenjot dan dievaluasi secara optimal dan berkala dengan tujuan program yang dijalankan dapat terimplementasi kemasyarakatan sesuai dengan yang direncanakan. Diantaranya penekanan angka stunting, berantas buta aksara, pelayanan peningkatan kesehatan masyarakat dan mendorong pertumbuhan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). [MPS]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *